Saya dan bermacam-macam orang itu….

Salah satu yang menarik dari tinggal di negeri tetangga adalah bertemu dengan bermacam2 orang. Misalnya    di kelas Bahasa Arab yang saya ikuti di Islamic Center Tokyo yang di Yoyogi Uehara. Kami, satu kelas ada 7 orang dengan komposisi 2 orang Indonesia, 4 orang Jepang yang kebetulan non muslim, dan 1 dari Meksiko yang kebetulan mualaf, dan dengan pengajar dari Mesir yang sedang mengambil PhD di sebuah universitas di Jepang.

Awalnya saya ikut kelas itu karena ingin belajar Bahasa Arab. Tapi setelah satu-dua kali mengikuti kelas itu, niatnya berkembang jadi banyak ^^V. Kenapa? ya salah satunya karena bertemu orang-orang yang “menarik” itu tadi. hehehe…

Misalnya, salah satu teman di kelas itu (non muslim) bercerita bahwa waktu itu, beberapa bulan yang lalu, ibunya meninggal. Kemudian dalam ke”galau”annya, entah bagaimana jari-jarinya mengetikkan suatu kata di  search engine dan tiba-tiba muncullah suara adzan. Kepalanya serasa berhenti berfikir sejenak, bertanya-tanya suara apakah yang sedang dia dengar itu. Sejak itu dia “jatuh cinta” dengan suara adzan. Lalu dia mulai belajar hal-hal yang berkaitan dengan “moslem” sekenanya. Begitu katanya.

Salah satunya lagi, dia berkeinginan memeluk agama Islam, tapi masih ada pertanyaan-pertanyaan besar di benaknya. Dan sudah beberapa waktu ini, dia mengikuti kelas “Bahasa Al-Qur’an” dan mengikuti kuliah-kuliah umum yang diadakan di Islamic Center tersebut. Semangatnya mempelajari Islam, menampar saya. Seakan berkata “kalahkah semangatmu dengan semangatku?”

hidup-adalah-belajar

Pada kesempatan yang lain, seusai kelas Bahasa Arab yang “super basic” (belajar dari mengenal huruf hijaiyah) itu, iseng-iseng saya mengikuti “kuliah/pengajian” di tempat yang sama sambil menunggu makan malam (seusai kuliah, sudah disiapkan makan malam gratis) sekalian ngirit. hehehe…

Pengajian dalam Bahasa Inggris kali itu disampaikan oleh seorang ustadz yang mendalami “Islamic Law”. Kelas itu hanya diikuti oleh 5-6 orang peserta saja, tapi tetap sangat menarik. Oh iya, kelas tersebut terbuka untuk umum, dan komposisi peserta waktu itu, juga membuat kelas semakin menarik (muslim – non muslim : 50%-50%). Terlebih pada saat sesi tanya jawab. Seru..!!! Seru untuk kelasnya, dan banyak tamparan untuk saya. hahahaha..!! Seru untuk kelasnya, karena sang ustadz mendapat pertanyaan dari sudut padang lain. Sudut pandang non-muslim yang cukup “kritis” mengkritisi apa yang dibaca dan dilihatnya. Saya yang biasanya kalem saja jadi ikut2 nimbrung (ciee… kalem apa ga mudeng? :p).

Dari situ, saya sempat menggerutu sendiri. “itulah itulah itulah kenapa kita harus belajar..!! belajar tidak hanya menjawab pertanyaan “how” saja, tapi juga “why”. masak dia saja banyak membaca, saya malah tidak” wawawawawa. Pluk pluk pluk *suara tamparan*. hahaha…

Eh, tapi, ngomong-ngomong masalah menjawab pertanyaan “why”, terlalu kritis juga bahaya kalau tidak dibarengi dengan kesadaran “sami’na wa ato’na”, dan bahwa ada juga hal2 yang menjadi “rahasiaNYA”.

well, bagaimanapun, ini hanya tulisan tidak resmi yang sebaiknya tidak dijadikan referensi. *Eh, lagian siapa juga yang mau jadiin referensi. GR aja ah :p.

P.S. pas udah ditulis kog ke-menarik-annya berkurang banyak ya…
-___-
yang berarti : saya belum pinter nulis..!!! sedemikian sehingga perasaan saya tak tertuang.
wawawawawawaaa…

Advertisements
This entry was posted in Engineering, just a story, L.I.F.E, Uneg and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Saya dan bermacam-macam orang itu….

  1. Dwi Priakusuma says:

    terkadang kita perlu keluar dari kotak kita untuk dapat melihat dengan lebih jelas….
    tapi sejauh pengalaman saya, manusia tidak akan pernah melebihi kemanusiaannya dalam melihat, menalar, atau merasakan segala sesuatu… karena Tuhan adalah Tuhan… tidak ada yang bisa kita tahu kecuali Dia yang menyatakannya untuk kita… hehehehe *sok waaaiiissss!!!!*

    Like

leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s